Rabu, 24 Mei 2017

Dampak Media Sosial










-      APA ITU MEDIA SOSIAL ?


Definisi

Assalamualaikum Wr.Wb sobat baca sekalian, kali ini aku pengen posting tentang media sosial yang dimana dewasa ini media sosial merupakan alat komunikasi yang sangat effisien di era digital ini. sebelumnya ada beberapa definisi media sosial menurut beberapa ahli diantaranya :

1. Lisa Buyer mendefinisikan media sosial sebagai
media sosial adalah bentuk hubungan masyarakat (humas) yang paling transparan, menarik dan interaktif pada saat ini.
2. Chris Garrett berpendapat bahwa
Media sosial adalah alat, jasa, dan komunikasi yang memfasilitasi hubungan antara orang satu dengan yang lain serta memiliki kepentingan atau ketertarikan yang sama.
Dari definisi diatas media sosial pastilah sangat berpengaruh bagi siapa saja yang menggunakannya.


Macam-Macam Medsos

1. Facebook
Situs sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini mempunyai sekitar 1 milyar pengguna di seluruh dunia dan merupakan yang paling terbesar. Berbagai jenis kalangan, mulai anak anak hingga kaum dewasa mempunyai akun Facebook. Tampilannya yang dinamis, menarik dengan fitur-fitur canggih yang dimilikinya membuat Facebook meraup Netters di seluruh dunia. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya.
2. Youtube

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.[5] Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.

3. Instagram
Path didesain untuk media berbagi informasi kepada orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Terlihat dari dibatasinya jumlah teman yang disediakan, yaitu hanya sebanyak 150 orang saja. Penggunanya terbilang cukup banyak di Indonesia, kira kira sekitar satu perlima pengguna Path dan lebih dari setengah aktivitas Path adalah dari masyarakat Indonesia. Fitur profil pada path memungkinkan pengguna Path untuk mengatur tampilan dari halaman Path. Selain dapat mengubah gambar yang menjadi gambar profil, pengguna juga dapat mengubah gambar dari latar belakang halaman Path sesuai yang pengguna inginkan. Selain mengubah gambar, pengguna juga dapat menyambungkan setiap momen yang diunggah.
5. LINE
LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdas,tablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara.




6. whatsapp
WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsAppMessenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain.







DAMPAKNYA BAGAIMANA ?


a. Nomophobia 
     adalah suatu sindrom ketakutan jika tidak mempunyai telepon genggam (atau akses ke 
   telepon    genggam). Istilah ini pertama kali muncul dalam suatu penelitian tahun 2010
   di Britania Raya oleh YouGov yang meneliti tentang kegelisahan yang dialami di antara 2.163
  pengguna telepon genggam. " Orang lebih senang ketinggalan dompet daripada smartphone
  (Nurudin, 2016)"

b. Alone Together
    Turkle dalam bukunya Alone Together: Why We expect more from technology and less             from the other.
      Secara fisik jadi satu, tetapi dia tetap sendiri, acuh hampa dengan aktivitas di sekitarnya

c. Budaya Narsisme
    • Narkissos juga disebut Narcissus  adalah orang yang lebih mencintai bayangannya sendiri       di kolam
     
d. Privacy terganggu
   mengapa privasi ? karena sosial media adalah barang pablik, dan semua orang          
   memilikinya, mereka bebas mendapatkan informasi apa saja tidak terkecuali hal 
   pribadi kita.

e. Muncul Cyber Crime
    Sudah jelas. karena media sosisal dapat menimbulkan dampak yang merugikan pengguna       medsos sendiri







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dampak Media Sosial

-       APA ITU MEDIA SOSIAL ? Definisi Assalamualaikum Wr.Wb sobat baca sekalian, kali ini a...